Google+ Followers

Saturday, August 19, 2017

Medsos Bisa Jadi Sumber Ide Konten? Ah Yang Bener


Menentukan Niche dan Menulis Konten

Apa tujuan ngeblog sebenarnya? Sebagian blogger menjawabnya bahwa ngeblog demi menyalurkan hobi. Ada yang memilih blog sebagai cara untuk berbagi dan bertukar informasi. Sebagian lagi ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan pasti.
Sebagian blogger serius membangun blog dengan niche. Ibarat penyanyi yang sedang berjuang mendapatkan penggemar maka harus memilih salah satu tema. Penggemar pop rock misalnya akan mengoleksi CD dari berbagai penyanyi dari aliran pop rock. Begitupun penggemar tema tertentu biasanya menandai atau mem-bookmark blog tertentu yang dianggap menarik.
Rahasia blog berniche yang sukses adalah kontennya selalu menarik dan up to date. Jika blog jarang diupdate atau tidak ada sentuhan baru dalam blog para pengunjung biasanya enggan untuk kembali lagi. Membangun blog memang harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Jika blogger mengalami writer’s block atau buntu ide menulis atau blognya tak banyak pengunjung hendaknya tak buru-buru memutuskan berhenti sebagai blogger.
Rutin menulis tiap hari, tiga hari sekali, tiap minggu yang penting blog tetap diupdate. Jika belum mampu mendatangkan penghasilan setidaknya rutin ngeblog membantu melatih menulis dan memacu untuk tetap kreatif. Seperti apakah proses kreatif menulis konten? Darimanakah ide menulis konten artikel yang tak pernah berhenti? Setiap blogger memiliki sumber ide masing-masing namun secara umum hal ini bisa dipelajar.

Cara Mendapatkan Ide Menulis Konten
            Tema dan topik yang dibahas dalam blog memegang peran penting. Betapapun pandai mengolah kata jika kurang mahir menentukan tema konten maka artikel yang ditulis bisa jadi terkesan biasa-biasa saja. Akibatnya pengunjung blog mungkin memutuskan untuk tidak menjadikan blog tersebut sebagai pilihan utama. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu menyusun artikel yang menarik pengunjung blog dan menjadikannya nilai plus dan menarik lebih banyak peminat untuk berkunjung ke blog secara rutin?
1.    Menemukan topik populer dari forum dunia maya
Anda seorang penggiat dunia maya dan memiliki berbagai akun media sosial? Jika mengawali upaya merintis blog tentu tidak kesulitan menemukan info-info aktual terpercaya dan populer di media sosial. Padukan forum-forum yang anda ikuti dengan niche blog yang akan digeluti. Senang fotografi sebagai pecinta hasil foto maupun terjun sebagai penggiatnya, segeralah bergabung dengan forum komunitas fotografi baik di grup facebook atau forum di portal-portal khusus. Ingin lebih serius membangun blog berniche gadget? Bergabung dengan forum gadget, terjun di kaskus dan aktif di grup pecinta fotofragi di facebook. Untuk memudahkan pencarian komunitas sesuai niche di facebook ketikkan niche blog atau tema utama blog pada kolom “groups about (topic)” Untuk mencari forum di dunia maya manfaatkan mesin pencari google dengan mengetikkan “forum (topik)” Di dalam grup facebook atau forum akan banyak bertemu orang-orang yang berkepentingan di bidang tersebut. Semakin banyak rasa ingin tahu atau diskusi tentang suatu hal maka semakin berkembang pula topik yang bisa dipilih sebagai tema artikel atau konten blog.
2.    Memantau situs Quora dan Reddit
Kedua situs ini membutuhkan skill bahasa Inggris. Quora adalah situs pertukaran pengetahuan di dunia maya dan dibuka untuk umum. Quora mirip dengan forum online, bermanfaat untuk menghubungkan orang-orang yang punya ketertarikan antusias yang sama dengan orang lainnya terhadap sesuatu.topik dan kegemaran. Diskusi, saling tanya jawab di dalam situs Quora membantu blogger menemukan tema untuk artikel terbarunya. Uniknya di Quora tema yang didiskusikan bisa ditulis berdasarkan voting. Sehingga semakin mempermudah menentukan tema yang paling populer.
3.    Pengalaman sehari-hari
Ide menulis konten yang menarik bisa berawal dari pengalaman sehari-hari. Tips memilih sekolah, tips mendampingi dan menyiapkan anak di hari pertama sekolah, resep anti ribet untuk bekal kerja dan sekolah dan berbagai hal sederhana bisa diangkat menjadi tema artikel yang menarik dan membantu pembaca terinspirasi.
4.    Blogwalking
Dari blogwalking bisa muncul ide menulis konten. Asal harus hati-hait untuk terjebak tema yang sama. Coba untuk membahas suatu tema dari sisi yang berbeda. Misalnya membaca artikel dari pecinta drama korea dan menemukan alasan mengapa si penulis sangat menyukai drama korea. Anda bisa menulis hal yang berkebalikan: mengapa drama korea bukan tontonan favorit di keluarga.
5.    Mengulas atau mereview film dan buku yang sedang populer
Seorang pecinta buku bisa membangun niche blog buku dan mengulas berbagai buku yang dibacanya. Tetapi untuk meraih popularitas bisa mencoba mereview buku yang sedang populer, misalnya dengan melihat di good read atau amazon kindle. Masuk ke kategori kindle ebooks di amazon. Masukkan salah satu tema utama dalam blog. Maka akan ditemukan buku yang sedang populer. Anda punya dua pilihan: membeli buku tersebut dan mereviewnya atau mengintip daftar isi buku tersebut dan mengambil salah satu sebagai tema konten. Bagi pecinta film tentu akan sangat menyenangkan ketika berburu film terbaru dan mengulasnya menjadi review. Share link ke media sosial dan forum-forum pecinta film. Dijamin dalam beberapa saat tulisan review tersebut menjadi favorit banyak orang.
6.    Mengamati berita yang sedang populer di media massa
Seperti halnya forum online, mengamati kabar-kabar yang sedang populer di media massa bisa menjadi sumber ide menulis konten. Misalnya ketika warta berita mengabarkan fenomena alam mengenai full moon blogger bisa mengangkatnya menjadi tema konten utama. Pengamatan langsung dan hasil pemotretan, penjelasan ilmiah mengenai terjadinya full moon, data mengenai peristiwa full moon sepanjang sejarah akan menjadi tulisan yang menarik perhatian para pecinta astronomi maupun pengamat antariksa dadakan.
7. Memanfaatkan tool tertentu
Blogger yang mumpuni harus pandai memanfaatkan berbagai fasilitas dan tool di media maya. Salah satu tool freemium yang bisa dimanfaatkan adalah BuzzSumo. BuzzSumo adalah tool untuk menemukan konten yang banyak dishare di media sosial berdasarkan kata kunci tertentu.
8.    Memantau media sosial yang unik
Facebook dan Twitter terlalu umum? Temukan ide konten dari media sosial yang lebih unik dan spesifik misalnya instagram dan pinterest. Pinterest adalah salah satu media sosial yang komplit. Jarang ditemui orang yang mengupdate pinterest hanya karena lebay, misalnya sekedar update status otewe (on the way), in the middle of something, status kangen mellow ngga jelas atau status provokatif. Pinterest efektif untuk menemukan ide. Media sosial ini tampaknya memang didesain sebagai sumber ide. Fitur searchnya efektif untuk merujuk pada berbagai artikel dengan hanya menggunakan satu kata kunci. Pinterest juga memudahkan untuk menemukan artikel yang menjadi favorit dengan adanya fitur re-pin yang berfungsi layaknya retweet pada twitter dan jumlah like pada facebook
Proses Mengolah Ide Menjadi Konten
            Kedelapan cara mendapatkan ide konten tersebut cukup efektif untuk menyusun konten yang menarik. Meski tidak menutup kemungkinan blogger bisa menemukan cara kreatif lain yang menjadi tema menulis konten. Misalnya pengamatan keseharian hidup di pasar atau terminal, mewawancarai sosok yang dianggap inspiratif dalam menghadapi kehidupan yang keras. Kelak pembaca akan mengenang blog kita sebagai blog inspiratif sebab berbagi pengalaman hidup dan hikmah yang menyentuh sanubari. Sesekali menulis di luar tema niche blog bisa menjadi penyegar suasana.
            Tampaknya mudah sekali bukan menyulap ide menjadi konten yang populer dan menjadikan niche blog semakin kuat? Namun perlu diingat cara apapun akan menjadi sia-sia jika hanya mengolah ide yang sudah jamak, umum dan tidak mampu menambahkan sentuhan baru. Cara ATM – Amati Tiru dan Modifikasi bisa menjadi bumerang dalam menulis konten. Misalnya langkah Blogwalking yang dianggap paling efektif dan mudah untuk menjaring ide bisa menjadi penyebab konten yang ktia tulis tampak basi. Ada kala saat pikiran dan ide buntu maka yang dilakukan blogger dalam menjaring ide dari cara blog walking adalah: mengamati salah satu konten dalam satu blog, mencoba mengambil ide dari artikel tersebut untuk mengisi blog dengan cara mengubah urutan paragraf dan mengubah beberapa kata tanpa mengubah arti agar tidak terdeteksi sebagai karya plagiasi. Pembaca yang belum pernah membaca inti dari artikel tersebut mungkin menganggapnya sebagai karya yang menarik. Namun bisa saja hal ini menjerumuskan blogger yang menerapkan cara ATM jika yang membaca blognya pernah membaca hal serupa di blog lainnya. alih-alih dianggap sebagai ahli dalam tema tersebut malah disematkan cap blogger plagiat dan kurang kreatif. Bukankah memang tak ada yang menarik dari sebuah tulisan yang tidak orisinal. Jika berniat mengaplikasikan ATM hendaknya mengambil sumber dari beberapa tulisan dari blog yang berbeda dengan tema yang sama. Pilih pembahasan yang berkaitan satu sama lain agar menjadi satu tulisan baru yang tidak memiliki kemiripan.
            Seperti apakah membuat konten yang efektif? Cara berikut ini mungkin bisa membantu blogger menemukan proses kreatifnya: pilih salah satu topik yang dirasa paling menarik. Baca beberapa sumber dari portal yang populer dan dipercaya, minimal lima artikel sebagai pembanding dan pelengkap. Bandingkan pembahasan dari artikel-artikel tersebut. Teliti masing-masing kelengkapan dan kekurangannya. Tulis konten baru yang benar-benar berbeda dan orisinal dari pemikiran. Cara ini mirip seperti saat menulis karya tulis ilmiah atau skripsi. Daftar pustaka dalam menulis bab pendahuluan di dalam skripsi mencakup lebih dari lima daftar pustaka. Kemudian di bab pembahasan bisa dituliskan opini sebagai langkah memperluas menulis skripsi. Cara demikian dapat diterapkan dalam menulis konten dalam blog.

            Jika selesai menulis sebuah konten dalam rangka mengupdate blog jangan lupa untuk mempromosikannya. Seperti produk baru tak akan dikenal masyarakat jika tidak beriklan, demikian pula sebuah tulisan. Lagi-lagi yang memegang peran penting adalah blogwalking dan media sosial. Salah satu rambu-rambu dalam dunia blogging adalah saling berkunjung ke blog masing-masing. Sudah menjadi semacam perjanjian tidak tertulis bahwa blogger akan membalas kunjungan ke rumah maya blogger lain yang berkomentar di artikel terbarunya. Sering-sering berkunjung dan meninggalkan komen sopan di artikel teman. Blogger yang peduli biasanya akan berkunjung balik ke blog teman yang meninggalkan jejak. Promosikan pula artikel yang sudah ditulis menggunakan berbagai akun media sosial yang ada. Share twitter, facebook, google plus atau sesekali memanfaatkan instagram untuk mempromosikan tulisan terbaru menggunakan foto yang eye catching.

2 comments:

  1. Saya juga biasanya kalo lg mampet ide, blogwaking aja. Nnti biasanya dpt ide mau nulia apa

    ReplyDelete
  2. Ide bisa datang dari mana saja. Saya sih paling banyak menemukan ide dari kegiatan keseharian, segala tingkah polah anak, kemacetan kota, tempat makan yang murah dan enak, semua bisa jadi tulisan 😊

    Salam kenal yaa mbak!

    ReplyDelete