Google+ Followers

Friday, October 20, 2017

Membandingkan Layanan Home Service Honda dan Toyota

Memiliki mobil baru bukan berarti lalu santai seperti di pantai. Perawatan kendaraan secara berkala harus dilakukan agar kondisinya tetap prima dan layak pakai. Sibuk dan ogah antri di bengkel untuk servis kendaraan? Layanan Home Service menjadi jawaban. Layanan Home Service memberikan jalan keluar yang paling mudah dan berkompromi dengan kesulitan konsumen. Layanan Home Service adalah layanan bengkel resmi yang disediakan diler pabrikan otomotif dan ditujukan untuk pelayanan jemput bola atau langsung datang ke kediaman atau tempat kerja konsumen untuk keperluan melakukan perawatan mesin kendaraan.
Layanan bengkel Home Service memudahkan konsumen melakukan perawatan kendaraan di rumah sesuai dengan waktu yang diinginkan. Mobil tetap prima tanpa harus meninggalkan rumah. Layanan Home Service merupakan bentuk fasilitas after sales sekaligus juga membantu konsumen merawat kendaraan dalam segala kesempatan. Hampir semua pabrikan otomotif terkemuka di Indonesia menawarkan Layanan Home Service, termasuk di antaranya Honda dan Toyota. Seperti apakah bentuk layanan mereka berikut adalah penjelasan ringkasnya.

Layanan Home Service Honda

            Honda, merupakan pabrikan otomotif motor dan mobil sehingga memiliki dua jenis Layanan Home Service yang berbeda untuk keduanya. Layanan Home Service Honda untuk roda dua disediakan di bengkel resmi motor Honda yaitu AHASS Honda Home Service di beberapa kota. Sedangkan Layanan Home Service mobil Honda dilayani oleh Honda Prospect Motor dalam program Honda Mobile Service yang melayani servis mobil kapanpun dan di manapun.
            Layanan Honda Mobile Service memberikan fasilitas Road Assistance Service (RAS), Home Service dan Pick Up Service. Program ini merupakan layanan untuk melengkapi fasilitas diler dan bentuk kepedulian terhadap konsumen Honda. Road Assistance Service adalah layanan khusus untuk melayani konsumen yang mengalami kondisi darurat di perjalanan. Petugas dari bengkel resmi Honda akan mendatangi lokasi menggunakan mobil atau motor servis. Layanan RAS ini merupakan layanan darurat ringan meliputi penambalan ban bocor, penggantian ban, penggantian baterai, penggantian kaliper rem, penggantian kampas rem atau penggantian shock absorber.
            Sedangkan Layanan Home Service dan Pick Up Service Honda adalah layanan jemput bola untuk kondisi non darurat alias perawatan rutin. Layanan Home Service Honda adalah layanan yang memungkinkan konsumen untuk tetap di rumah sedangkan petugas bengkel akan mendatangi lokasi mobil konsumen di rumah atau kantor pelanggan dan melakukan servis langsung di tempat. Sedangkan layanan Pick Up Service adalah layanan yang memungkinkan petugas dari bengkel resmi Honda untuk menjemput mobil konsumen dan melakukan servis berkala di bengkel resmi tersebut.
Peluncuran Honda Mobile Service, sumber foto otosia.com
            Armada Honda Mobile Service menggunakan mobil Honda Freed yang telah dimodifikasi. Armada ini dilengkapi fasilitas servis seperti genset, electrical battery tester, toolbox, electric engine oil changer, battery area dan bangku untuk tempat duduk serta air untuk mencuci tangan. Sedangkan armada motornya dilengkapi peralatan standard servis seperti battery tester, air compresor, jumper cable, engine oil, oil changer, tools bag, battery, tyre and repair kit. Armada motor ini memiliki kelebihan dalam hal akses menuju lokasi kendaraan konsumen, terutama untuk menembus lalu lintas yang macet dan mencari jalan alternatif menuju tujuan.
            Honda Mobile Service tersedia di semua diler resmi Honda di seluruh Indonesia dengan biaya yang sama dengan biaya servis di bengkel resmi Honda ditambah biaya jasa sesuai kota dan daerah masing-masing.

Toyota Home Service
            Toyota merupakan pabrikan otomotif roda empat sehingga layanan Home Servicenya untuk mobil Toyota saja. Toyota Home Service merupakan salah satu fasilitas pelayanan dari Toyota untuk melakukan servis kunjungan ke kediaman atau tempat kerja pelanggan, tentunya untuk memberikan kemudahan bagi pemilik mobil Toyota yang tidak sempat datang ke bengkel dengan berbagai alasan.
Formulir pendaftaran layanan THS, sumber foto https://auto2000.co.id/page/toyota_home_service
            Tidak seperti Honda yang membagi layanan untuk kondisi darurat dan layanan servis berkala Toyota hanya memiliki layanan Toyota Home Service (THS). Kendaraan THS ini berupa mobil dan motor yang didesain secara khusus. Saat ini THS menggunakan unit Toyota Avanza dengan peralatan lengkap untuk servis dan perbaikan kendaraan didukung berbagi fasilitas operasional seperti alat komunikasi, SST, tools, kompresor, EDC, buku peta perjalanan, wadah pembuangan limbah, alat uji emisi dan  inteligent tester.
            Menu order THS meliputi layanan servis standar seperti ganti oli, tune up engine, servis berkala internal, perawatan 1000 KM dan 5000 KM dan perbaikan ringan yang diperkirakan makan waktu di bawah dua jam. Untuk mendapatkan layanan THS ini konsumen mobil Toyota tidak dikenai biaya kunjungan. Konsumen juga mendapatkan harga jasa dan suku cadang sama dengan di bengkel, mendapatkan garansi servis sama persis dengan di bengkel resmi Toyota dan tentunya kenyamanan secara pribadi karena aktivitas pelanggan tidak terganggu hanya karena harus menunggu selesainya perbaikan dan servis kendaraan. Pelanggan pun dapat melihat langsung proses perawatan dan perbaikan kendaraan jika tertarik untuk menyaksikan tanpa harus antri di bengkel resmi Toyota.


No comments:

Post a Comment